Khasiat Bawang Putih dan Manfaatnya

 Khasiat bawang putih, Bawang putih berperan sebagai antibiotik alami yang dapat menghentikan berbagai macam infeksi pada saluran tubuh. Khasiat bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol, melindungi jantung, dan membantu menciptakan peredaran darah yang baik. Bawang bombai juga mempunyai khasiat yang serupa dengan manfaat bawang putih meskipun lebih sedikit.

Kemampuan yang patut diakui Menurut ahli tumbuhan pada sekitar abad ke 17, Nicholas Culpeper, manfaat bawang putih adalah obat untuk setiap penyakit dan luka. Kandungan Bawang putih mengandung zat pertahanan dan perlawanan terhadap segala penyakit dan rasa nyeri. Khasiat Bawang putih juga dapat menyingkirkan noda dan cacat di kulit, meredakan nyeri di telinga, mengatasi penyakit kuning, kram, epilepsi, dan wasir atau haemorrhoids.

Khasiat bawang putih
Khasiat bawang putih

Jika dikonsumsi secara teratur, bawang putih dapat membangun pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Khasiat bawang putih merupakan antivirus, antibakteri, den pencegah infeksi, seperti halnya antibiotik. Oleh karena itu, manfaat bawang putih sangat penting dalam pola makan kita setiap waktu, terutama ketika merasa kurang sehat. Jika mengonsumsi banyak bawang putih ketika mulai merasa pilek, sering kali pilek itu bisa dilawan.

Khasiat bawang putih mempunyai kemampuan detoksifikasi serta mengandung vitamin C dosis tinggi dan mineral antioksidan, yaitu selenium. Selain mengandung antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas, khasiat bawang putih juga dapat melarutkan sebagian racun buruk dari sistem tubuh dan membantu menge-luarkannya. Karena radikal bebas dan racun dapat memicu kanker, bawang putih menjadi salah satu makanan yang paling bermanfaat.

Manfaat bawang putih untuk pembersihan dan penguatan

Sejak dahulu, bawang putih adalah obat untuk menghilangkan parasit di perut dan usus. Khasiat bawang putih (juga khasiat bawang merah) baik untuk melancarkan saluran pernapasan dan merupakan dekongestan (pelega tenggorokan) alami sehingga menolong untuk mengatasi radang selaput lendir hidung, bronkitis, dan asma. Manfaat bawang putih juga merupakan bahan pembersih dan penguat hati.

Baca juga:  Patut di Coba! Inilah 3 Tips Yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Khasiat Bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi karena mengandung unsur allicin yang dapat memperlebar pembuluh dan mengurangi pembekuan darah. Bawang putih juga dapat mengencerkan darah sehingga dapat mengatasi peredaran darah yang kurang lancar, yang mengakibatkan tangan dan kaki menjadi dingin. 

Bawang putih juga mampu melawan penyakit pada pembuluh nadi. Allicin akan dikeluarkan melalui paru-paru, perut, kulit, dan saluran kemih sehingga dapat mendetoksifikasi semua organ tersebut. 

Khasiat bawang putih yang mengandung belerang juga dapat membantu membersihkan hati dan menghambat pertumbuhan tumor. Khasiat bawang putih juga dapat mengurangi gula darah. Oleh karena itu, manfaat bawang putih dipercaya sebagai obat diabetes.

Memilih, menyimpan, dan memakan 

Pilihlah bawang putih yang keras dengan lapisan yang menyerupai kertas dan tidak bertunas. Simpan di tempat kering dan sejuk atau di lemari es. Gunakan sesegera mungkin. Umumnya, bawang putih ditumis sebentar. 

Selain itu, bawang putih dan bawang merah dapat digunakan mentah di dalam salad, sebagai saus, atau bahkan sebagai jus, tetapi hanya dalam jumlah yang sangat kecil dan dicampur dengan sari buah lain. Bawang putih juga dapat dipanggang dalam oven.

Leave a Comment