Khasiat Strawberry Sebagai Pelindung Sinar UV

Buah berpenampilan cantik dan menarik ini, memang tidak henyak memiliki rasa yang enak. Di samping perpaduan rasa asam manis, yang membuat buah ini digemari karena kayanya manfaat yang dikandungnya. Penggunaan Strawberry pun tidak hanya sebagai santapan makanan, namun khasiat strawberry sebagai buah kesehatan, semakin diunggulkan.

 

Buah ini sudah mulai digemari sejak zaman Romawi kuno. Orang Romawi banyak memanfaatkannya untuk pengobatan, karena strawberry dianggap kaya dengan vitamin C, Folat dan kalium.

Manfaat strawberry: Pixabay

Dalam beberapa penelitian, dikatakan satu ons strawberry mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan satu ons jeruk sitrun. Strawberry juga mengandung senyawa fitokimia, yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang akan mengikat radikal bebas, sehingga menambah ragam khasiat strawberry sebagai pencegah timbulnya penyakit dan menunda proses penuaan 

 

Khasiat Strawberry untuk Melindungi dari Bahaya Sinar UV

Menurut penelitian tersebut, Penambahan ekstrak strawberry sebanyak 0,5 mg/ml pada krim tabir surya memberikan dampak positif pada kelangsungan hidup sel kulit lebih tinggi.

sebuah penelitian di Politecnia Universita delle Marche, Italia, telah mengambil beberapa keesimpulan khasiat strawberry, yang berhubungan dengan penggunaannya sebagai tabir surya. Menurut penelitian tersebut, Penambahan ekstrak strawberry sebanyak 0,5 mg/ml pada krim tabir surya memberikan dampak positif pada kelangsungan hidup sel kulit lebih tinggi. Tidak hanya itu, bahkan penggunaan strawberry sebagai tabir surya diabggap mampu menurunkan kerusakan DNA, yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV.

Seperti yang disebutkan oleh dailymail, penelitian yang dipimpin oleh Maurizio Battino, dan telah dipublikasi dalam Journal of Agricultural Food Chemistry  diharapkan dapat dikembangkan untuk membantu mencegah timbulnya penyakit kanker atau efek inflamasi dan degeratif yang terkait sinar UV matahari.

Baca juga:  Ragam Khasiat Kemangi untuk Kesehatan

 

Menurut Maurizio Battino, adanya kandungan zat antosianin dalam strawberry inilah yang menambah khasiat strawberry sebagai pelindung dari tabir surya. Banyak peneliti mengklaim, zat antosianin ini yang berfungsi dalam membantu mengatasi kanker dan tumor, sebagai antiinflamasi dan antioksidan.

Antosianin sendiri adalah senyawa flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting baik bagi tanaman itu sendiri maupun bagi kesehatan manusia.

 

Aktivitas strawberry dalam melindungi kulit dari paparan UV ini, terutama adalah paparan UV A. UV A, walaupun tidak sekuat dan sebanyak UV B, namun efek paparannya dapat menembus kulit yang terdalam, yang menyebabkan terjadinya prematur pada kulit. Lain dengan UV B yang bekerja pada permukaan kulit, dan paling sering adalah menimbulkan efek peradangan.

Khasiat Strawberry dan Atribut Kecantikan

Banyaknya khasiat strawberry untuk kesehatan, dan terutama untuk kesehatan kulit, menjadikan strawberry kerap digunakan sebagai bahan pembuat atau tambahan dalam kosmetik.

Saat ini produk olahan strawberry dalam kosmetik, bisa dijumpai dalam anekan sediaan. Seperti body lotion, lulur, masker bahkan digunakan juga sebagai lip care. Penggunaan strawberry pada kosmetik biasanya digunakan untuk tujuan pencerahan dan peremajaan kulit, termasuk untuk mengatasi masalah penuaan dini.

Namun, mengolah strawberry, hingga dirasakan khasiatnya langsung untuk kulit tidaklah susah. Pembaca bisa membuat olahan masker strawberry kapanpun, dengan modal yang murah dan praktis.

Caranya dengan mencampurkan buah strawberry yang sudah dilumatkan dengan satu sendok madu. Campuran ini kemudian dioleskan pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit, atau sampai terasa lebih dingin. Kemudian bilas wajah dengan air bersih. Hal ini bisa dilakukan dua kali seminggi, untuk hasil yang lebih memuaskan.

Nah, ternyata strawbery tidak hanya segar untuk dibuat juice, tetapi khasiat strawberry lebih besar sekadar hanya sebagai kudapan makanan saja.

Baca juga:  Khasiat Air Kelapa

Leave a Comment