Manfaat Kerang Hijau untuk Jantung dan Sendi

Manfaat Kerang Hijau untuk Jantung dan Sendi – Bukan cuma cumi, udang dan kepiting, pecinta hidangan laut pasti tidak akan melewatkan menu yang satu ini setiap kali berkunjung ke restoran seafood. Ya, kerang hijau, menu ini seolah menjadi santapan pembuka sambil menunggu menu utama datang. Rasanya yang segar karena mengandung air yang memeiliki rasa khas seafood membuat kerang sangat digemari. Bukan Cuma nikmat, manfaat kerang untuk kesehatan juga sangat banyak.
Dalam kerang terkadung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Selama ini jelas tidak dipungkiri jika makanan laut memang kaya akan protein dan gizi. Ada beberapa kandungan gizi dalam kerang laut yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, Vitamin B12 dan asam folat. Selain itu, kandungan mineral seperti seng, fosfor, mangan dan asam lemak omega 3 nya juga sangat kaya. Dengan kandungan gizi yang banyak ini, tak salah jika manfaat kerang hijau pun semakin banyak.
Manfaat kerang hijau: Pixabay
Manfaat kerang hijau: Pixabay

Menurut stylecraze.com, kandungan vitamin A yang terdapat dalam semangkuk kerang laut adalah sama dengan sebanyak 240 jenis vitamin A yang mampu memenuhi asupan harian orang dewasa, atau sekitar 10-18% nya. Sedangkan kandungan proteinnya, berjumlah sekitar 18 gram protein dengan banyak asam amino yang dibutuhkan tubuh dalam satu mangkuk kerang hijau. Kandungan protein di dalamnya ini mampu memenuhi kebutuhan protein pada orang dewasa sebesar 30%. Jika kandungan proteinnya sangat banyak, terbayang dong bagaimana besar manfaat kerang hijau untuk membangun sel-sel tubuh.

Kandungan omega 3 yang tinggi dalam kerang hijau sangat bermanfaat untuk membantu mencegah gangguan kardiovaskuler atau penyakit jantung. Sedangkan kandungan vitamin B dan vitamin B12 di dalam kerang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah dari nyeri sendi yang sering melanda saat lelah.

Baca juga:  Manfaat Buah Pinang Untuk Kecantikan & Kesehatan

Lalu, di balik manfaat kerang hijau yang banyak, apakah semua orang bisa mengonsumsinya? Nah, bagi Anda yang memang memiliki bakat alergi memang lebih baik menghindari kerang hijau ini. Kandungan proteinnya yang tinggi menyebabkan orang dengan bakat alergi rentan mengalami gangguan kesehatan.

Untuk ibu yang merencanakan kehamilan atau sedang hamil trimester pertama, sebainya menghindari mengonsumsi kerang hijau sementara waktu. Kerang hijau banyak sekali hidup di pinggiran laut, dimana banyak terdapat limbah pembuangan pabrik yang mengandung banyak sisa zat kimia, salah satunya mercury. Mercury sendiri memiliki efek pada perkembangan otak bayi yang sedang dalam pembentukan otak di kandungan. Akan lebih baik untuk menghindari makanan yang satu ini.

Nah, jangan lupa jika Anda ingin mengonsumsi kerang hijau untuk membersihkan dulu sebelum merebusnya sehingga polutan kimia yang menempel di daging dan tubuhnya bisa diminimalisir.

Leave a Comment