5 Beda Kopi Luwak Robusta dan Arabika Berdasakan Manfaatnya

Dari segi manfaat secara umum, kedua variasi kopi luwak robusta maupun arabika sama-sama unggul. Amat berbeda ketimbang ketika belum melewati proses fermentasi. Hanya saja ada yang perlu Anda pertegas. Di antara keduanya, manakah yang lebih baik manfaatnya? Termasuk manfaat yang bisa langsung dirasakan beberapa detik setelah minum.

Perbedaan kopi luwak robusta dan kopi arabika
Kopi luwak

1. Lebih Cepat Mana dalam Menurunkan Stres?

Tak bisa dipungkiri, bahwa kopi luwak itu bisa menurunkan stres. Bahkan pada tingkat konsumsi yang rutin, stres bisa ditekan hingga hilang sama sekali. Ini kabar bagus, tentu saja. Mayoritas orang pasti menginginkan efek yang instan atau super cepat. Soalnya ketika pikiran dihinggapi stres, rasanya bukan main repotnya.

Cara mengujinya sangat sederhana. Cecap saja rasanya. Pada kopi luwak arabika, kandungan gulanya lebih tinggi daripada robusta. Jadi, meskipun sudah melewati proses fermentasi, rasa manisnya tetap ada. Sedangkan untuk yang robusta cenderung pahit. Nah, rasa manis itulah yang sejak awal mampu menurunkan potensi merusak yang disebabkan oleh stres.

2. Manfaat dalam Membentuk Energi Alternatif

Kopi pada umumnya dikonsumsi sebagai penambah tenaga. Hal itu betul adanya. Sebab, ada kandungan gula yang ketika masuk dalam tubuh akan dikonversi jadi tenaga tambahan. Hanya saja, untuk konsumsi kopi biasa memerlukan jam khusus. Misalnya pada waktu tubuh mengalami kelelahan di jam-jam setengah 10 dan sebagainya.

Sedangkan untuk kopi luwak, bisa dikonsumsi kapan saja. Tenaga alternatif itu timbul akibat proses kimiawi yang ada pada kandungan kafeinnya. Kopi luwak arabika memiliki kadar kafein yang lebih tinggi daripada yang robusta. Untuk yang kerja berat-berat, lebih baik konsumsi kopi arabika. Sedangkan untuk yang kerja ringan, konsumsi robusta saja. Aman.

Baca juga:  Cara Menentukan Postingan Blog Yang Banyak Dicari Orang Dengan Google Trends

3. Beda Manfaat pada Kandungan Intinya

Apakah Anda tahu bedanya kandungan yang ada pada kopi luwak arabika dan robusta? Setelah mengalami penelitian tingkat lanjut, rupanya di dalam kopi arabika hanya terdapat kandungan kafein saja. Manfaat yang paling kentara adalah untuk menambah energi. Termasuk energi untuk melakukan pekerjaan kreatif. Bagus juga untuk mencegah liver.

Sedangkan untuk kopi luwak robusta, kandungannya lebih besar chlorgenic acid daripada kafein. Kandungan inilah yang menyebabkan rasa pahit. Berkat adanya kandungan chlorgenic acid yang tinggi, maka tubuh akan memiliki antioksidan yang cukup. Ini bagus sekali untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

4. Perihal Kandungan Lemak dan Gula

Kopi pun ada lemaknya. Kalau soal kandungan gula, mungkin sudah banyak yang tahu. Anehnya, meskipun kopi sudah ada kandungan gulanya, tetap saja ada yang menambahkan gula agar lebih manis. Pada kasus kopi luwak, agaknya jarang yang menerapkannya. Kandungan lemak sebetulnya bagus untuk tubuh. Tapi kalau kebanyakan jadi tidak bagus.

Di antara beberapa penyakit, banyak dokter yang menyuruh pasien untuk menghindari makanan atau minuman berlemak. Untungnya kopi luwak robusta maupun arabika, kadar lemaknya cukup rendah. Tapi kalau dibandingkan antara kopi luwak robusta dan arabika, tentu lebih rendah yang robusta. Walau rasanya tetap lebih nikmat yang arabika.

5. Lebih Aman Mana saat Dikonsumsi?

Berkat tingginya kadar chlorgenic acid, tanaman kopi robusta cukup kebal terhadap penyakit. Berbeda dengan arabika. Begitu pula ketika dikonsumsi oleh manusia. Meskipun kopi luwak robusta tidak seenak kopi luwak arabika, tapi dari segi kesehatan lebih aman. Terutama ketika Anda tengah menderita penyakit serius, misalnya penyakit gula dan jantung.

Harga kopi luwak robusta dan arabika masih cukup mahal. Anda sangat beruntung kalau masih berada di Indonesia. Soalnya sampai sekarang kopi luwak robusta dan arabika masih dijual secara bebas. Tentu dengan harga yang lebih murah daripada harga di luar negeri. Namun sayangnya, di Indonesia banyak sekali beredar kopi luwak palsu. Bahkan ada sebuah perusahaan yang membuat brand dengan nama kopi luwak. Sungguh terlalu…

Leave a Comment