otomotif

7 Merk Semir Ban Mobil Terbaik dan Tanah Lama

Semir Ban Terbaik – Setiap komponen kendaraan memerlukan perawatan. Tujuannya selain agar lebih awet dalam pemakaian, juga menunjang penampilan mobil supaya tetap cantik. Tidak terkecuali ban, yang sayangnya justru sering dilupakan dalam hal perawatan.

Maklum komponen ini letaknya di bawah dan paling sering bersentuhan dengan kotoran jalanan. Alhasil kalau ban kotor, banyak pemilik motor dan mobil yang tidak mempedulikannya. Padahal ban yang tidak terawat dengan baik tidak hanya mengurangi tampilan estetikanya. Bisa juga akan membuat usia pakainya lebih pendek.

Lalu, bagaimana cara merawat ban mobil yang tepat? Tidak sulit, kok, kamu cukup rutin menyemirnya menggunakan semir ban. Tidak perlu harus ke bengkel, karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan berbagai jenis merek semir yang banyak dijual di pasaran otomotif. Kamu bisa menggunakan semir ban mobil atau motor jenis foam, gel, atau spray sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak hal yang mesti perlu kamu perhatikan sebelum membeli atau menggunakan produk semir ban mobil, yaitu kandungannya. Kamu mungkin akan menemukan berbagai produk semir untuk ban dengan kandungan silikon atau non-silikon. Nah, sebaiknya pilihlah semir ban yang minim kandungan silikon. Mengapa demikian?

Ternyata, produk semir ban tanpa silikon diketahui mengandung lebih banyak air. Ini akan membuat ban mobil atau motor kamu lebih lembap, tahan lama, dan tidak gampang menguning. Nah, berikut ini rekomendasi semir ban terbaik untuk menunjang kecantikan ban mobil dan motor yang bisa kamu pilih:

1. Auto Dazzling Shine Dressing, Semir Ban Waterbase Terbaik


Semir ban Auto Dazzling, murah dan hasilnya mantap
Semir ban Auto Dazzling, murah dan hasilnya mantap

Auto Dazzling Shine Dressing merupakan salah satu rekomendasi semir ban terbaik yang kompatibel untuk ban mobil dan motor. Alasannya karena selain harganya yang terjangkau, hanya Rp30 ribuan untuk ukuran 100 ml. Meski murah, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Keunggulan semir ban auto dazzling shine dressing ini adalah selain murah bisa juga langsung digunakan tanpa harus mengaplikasikan dengan campuran lain. Hal ini lantaran Auto Dazzling merupakan semir ban dengan water base. Jadi, menambahkan campuran air hanya akan membuat semir akan menjadi lebih encer.

Semir ini berjenis gel, jadi sangat cocok untuk menunjang kelembapan ban mobil maupun motor. Alhasil akan terhindar dari ban retak. Tidak hanya itu, Auto Dazzling Shine Dressing juga mampu memberikan perlindungan ban dari kotoran dan membuatnya tampak mengilap.

Cara pemakaian, kamu cukup mengocoknya terlebih dulu. Kemudian tuangkan Auto Dazzling Shine Dressing ke applicator pad yang telah disediakan atau menggunakan kain kering. Lalu usapkan ke bagian sisi ban.

2. Nanotech Pure Tire Gel


Kelebihan Nanotech adalah pakai bahan ramah lingkungan
Kelebihan Nanotech adalah pakai bahan ramah lingkungan

Semir ban mobil terbaik selanjutnya adalah Nanotech Pure Tire Gel. Seperti namanya, bahan semir ban ini dari kandungan gel dan protectant. Bahkan terdapat klaim tidak menggunakan silicon sekali.

Bila kamu memilih untuk menggunakan semir ban ini, efeknya ban akan langsung terlihat basah (wet look) dan hydrophobic atau antiair. Alhasil semir ini mampu melindungi ban dari pecah-pecah dan juga mengering karena termakan usia.

Soal harga Nanotech Tire Gel dijual di pasaran dengan harga Rp55 ribu untuk kemasan 265 ml. Lebih mahal dibanding semir ban mobil Auto Dazzling Shine Dressing. Hal ini dikarenakan, Nanotech mengklaim bahwa produknya ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

3. Sabusa Semir Interior dan Eksterior

Produk Sabusa bisa digunakan untuk komponen interior mobil
Produk Sabusa bisa digunakan untuk komponen interior mobil

Merek semir ban mobil terbaik berikutnya adalah Sabusa Semir Interior dan Eksterior. Tidak hanya bisa dipakai untuk menyemir ban motor dan mobil, tapi juga memoles berbagai komponen kendaraan yang lain. Termasuk bagian dashboard, jok kulit sintetis, mesin, dan lain-lain.

Sabusa juga tidak menggunakan silicon dan semir ban motor ini berbentuk cairan. Lantaran sifatnya yang cair, semir ini sama sekali tidak lengket. Oleh karenanya bisa diaplikasikan di komponen manapun termasuk interior.

Terkait cara pakai, tidak beda dari semir ban mobil yang lain. Cukup tuangkan ke applicator pad, kemudian langsung usapkan. Soal harga, Sabusa Semir Interior dan Eksterior dijual dipasaran seharga Rp65 ribu untuk ukuran 500 ml.

4. Kit Black Magic, Semir Ban Terbaik yang Paling Umum Digunakan

Semir ban Kit Black Magic paling umum dipakai oleh pecinta motor dan mobil
Semir ban Kit Black Magic paling umum dipakai oleh pecinta motor dan mobil

Kit Black Magic merupakan produk semir yang sudah tidak asing lagi di telinga sebagai produk semir ban terbaik. Alasannya, produk ini memang sering digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan tampilan ban kendaraan.

Tidak main-main, hasil dari semir ban ini memang terlihat sangat sempurna. Maka dari itu, tidak heran jika Kit Black Magic menjadi produk semir ban mobil yang paling banyak digunakan oleh penunggang motor dan mobil.

Semir Kit Black Magic memiliki dua varian produk: foam dan gel. Kamu bisa pilih salah satunya. Kelebihan foam adalah pemakaian yang mudah, cukup semprotkan ke ban. Sementara varian gel harus dengan menggunakan applicator pad.

Kelebihan lain dari semir ban mobil dan motor terbaik ini, bahan aktifnya dapat membuat ban mobil kamu mengkilap dengan lama. Alhasil tidak perlu terlalu sering menggunakannya. Soal harga, semir ban Kit Black Magic dijual dengan harga mulai dari Rp17 ribuan untuk kemasan 200 ml dengan tipe gel.

5. Waxco Auto Tyre Foam

Waxco jenisnya foam jadi cukup semprotkan saja langsung ke permukaan ban
Waxco jenisnya foam jadi cukup semprotkan saja langsung ke permukaan ban

Semir ban terbaik untuk mobil dan motor selanjutnya, Waxco Auto Tyre Foam. Jenis foam memang banyak yang menfavoritkan, lantaran kemampuannya dalam bekerja lebih cepat dan lebih simpel dalam pengaplikasiannya.

Kamu hanya perlu menyemprotkan semir Waxco ini pada ban melalui nozzle yang berada di atas botol kemasan. Kamu tidak lagi memerlukan bantuan alat aplikator. Sama sebagaimana Kit Black Magic, semir ban mobil dan motor merek Waco Auto Tyre Foam ini pun terbilang sudah banyak beredar di pasaran.

Ini karena keunggulan semir ban ini dalam membersihkan dan membuat ban menjadi lebih mengkilap hanya dalam waktu singkat. Bahkan, kamu tidak perlu mencuci ban motor terlebih dahulu ketika ingin menggunakan produk ini.

Soal daya tahan semir ban motor ini, sudah pasti lebih awet karena semir ini memiliki partikel yang mampu terserap secara sempurna dalam ban motor atau mobil kamu. Hanya saja harganya terbilang cukup mahal, Waxco Auto Tyre Foam dijual di pasaran seharga Rp90 ribuan untuk ukuran 500 ml.

6. Meguiars Endurance Tire Gel, Semir Ban Terbaik Tapi Mahal

Meguiars Endurance Tire Gel
Meguiars Endurance Tire Gel

Tak perlu diragukan lagi Meguiars Endurance Tire Gel memang salah satu semir ban mobil dan motor terbaik. Di dalamnya terdapat formula yang mampu membuatnya bertahan meski sudah dicuci dan terkena hujan.

Berbentuk jel dengan bahan aktif advanced polymer, semir ini menjamin ban mobil kamu akan selalu dalam keadaan mengilap. Kemudian semir ban mobil ini juga mampu melindungi dari sinar UV dan ban pecah-pecah.

Harga semir ban Meguiars Endurance Tire Gel dibanderol dengan harga mulai dari Rp195 ribu untuk ukuran 700 gram. Mahal memang, tapi kualitas terjamin.

7. 3M Tire Restorer


Produk keluaran 3m juga bisa jadi rekomendasi terbaik untuk kamu
Produk keluaran 3m juga bisa jadi rekomendasi terbaik untuk kamu

Semir ban mobil terbaik yang terakhir dalam ulasan kali ini adalah 3M Tire Restorer. Istimewa lantaran kemampuannya yang diklaim dapat mengembalikan ban mobil yang sudah pudar jadi menghitam kembali. Selain itu, semir ban mobil ini juga tidak merusak cat pelek.

Cara pemakaian juga terbilang sangat mudah. Kamu cukup tuangkan semir 3M Tire Restorer ke applicator pad, kemudian langsung usap sampai merata. Menariknya lagi semir ini bisa juga digunakan ke berbagai komponen berbahan karet lain yang berwarna hitam. Sebut aja molding dan trim.

Bila kamu tertarik membeli semir ban mobil ini, harga semir ban terbaik 3M Tire Restorer dijual seharga mulai Rp35 ribu untuk ukuran 350 ml

Nah, itu tadi 7 merek semir ban mobil terbaik yang bisa kamu pilih untuk membuat karet bundar kamu tampak lebih bersih dan mengilap. Tertarik mencobanya?

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan saat memakai semir ban di mobil atau motor, kamu harus usapkan di bagian sisi ban. Jangan sampai terkena bagian tapak ban. Hal itu justru bisa membuat ban kamu menjadi licin, bahkan berpotensi membuat celaka.

Dengan melakukan semir ban motor atau mobil dengan teknik yang benar, maka kamu pun serasa memiliki Motor Baru ataupun Mobil Baru ya!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk melanjutkan harap non-aktifkan AdBlock