Apa Itu Aplikasi Clubhouse? Inilah Penjelasannya!

 Sebelum trending, nama aplikasi Clubhouse memang terdengar sangat asing di telinga bukan? Tetapi setelah sang pendiri SpaceX dan Tesla, yakni Elon Musk yang mengadakan diskusi online melalui room aplikasi Clubhouse pada tanggal 2 Februari 2021 lalu, aplikasi ini seakan terbawa menumpang terhadap pengaruh keduanya. 

Apa Itu Aplikasi Clubhouse? Inilah Penjelasannya!
Apa Itu Aplikasi Clubhouse? Inilah Penjelasannya!


Bagaimana tidak? Aplikasi yang sejatinya telah meluncur sejak tahun 2020 ini mulanya hanya berhasil menjerat sekitar 3.500 pengguna saja, lalu kini jumlahnya telah meroket ke angka lebih dari 2 juta pengguna aktif setelah aplikasi ini dipopulerkan oleh CEO Tesla tersebut. 

Popularitasnya pun semakin naik daun ketika beberapa tokoh elit dan publik figur seperti Mark Zuckerberg, Jared Leto, Oprah Winfrey, Drake, Ashton Kutcher, sampai Kevin Hart telah diketahui menggunakan aplikasi jejaring sosial satu ini.

Maka jangan heran kalau Clubhouse kini semakin sukses bertengger dalam jajaran trending topik media sosial di berbagai penjuru dunia, salah satunya Twitter Indonesia. Lalu sebenarnya seperti apa itu aplikasi Clubhouse? Dan bagaimana cara menggunakan aplikasi Clubhouse? Yuk, kenali terlebih dulu aplikasinya melalui ulasan berikut ini!

Apa itu Aplikasi Clubhouse?

Clubhouse adalah platform media sosial yang berbasis audio-chat. Dari segi fitur penggunaannya, aplikasi ini memang terasa sangat mirip dengan Zoom dan Podcast, bahkan disebut-sebut mirip dengan tayangan TED Talks, namun aplikasi Clubhouse lebih eksklusif karena obrolan-obrolan tersebut akan disiarkan secara live oleh pengguna-pengguna tertentu tanpa adanya mode pengulangan atau siaran ulang. 

Jadi, pengguna aplikasi ini hanya bisa mendengarkan berbagai obrolan, ide, wawancara, bahkan diskusi dari berbagai tokoh terkenal yang sedang melakukan siaran langsung sesuai topik yang dipilih dan diminati. 

Kalau siaran live diskusi itu berakhir, maka percakapan mereka pun otomatis juga akan selesai. Pada setiap room atau ruang siaran yang sedang berlangsung, nantinya akan ada yang berperan sebagai moderator, pembicara, serta pendengar. 

Para pendengar pun dapat turut berpartisipasi menyumbangkan ide-idenya dalam obrolan jika telah mendapat persetujuan atau perizinan dari moderator. Dan siapa saja tokoh yang bisa menjadi pembicara dalam ruang obrolan? Tentunya para ahli, tokoh-tokoh ternama dengan berbagai ide inspiratif, selebriti, jurnalis, dan masih banyak lagi. 

Mau Gabung ke Clubhouse? Tidak Bisa Sembarang Join Lho!

Tidak seperti aplikasi media sosial lain yang dapat kamu unduh dan instal lalu bisa langsung mendaftarkan akun, aplikasi yang dikembangkan perusahaan Alpha Exploration ini hanya tersedia secara eksklusif melalui undangan aplikasi Clubhouse invite. Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi ini, terlebih dulu kamu harus mendapat undangan dari pengguna yang telah memiliki aplikasi dan akun Clubhouse. 

Undangan ini nantinya berbentuk link (tautan) yang dikirim langsung melalui SMS ke nomor telepon ponsel kamu. Jika kamu klik tautan invite tersebut, kamu akan segera diarahkan menuju toko aplikasi untuk mengunduh Clubhouse dan mendaftar akun baru. 

Setelah akun yang kamu daftarkan aktif, kamu bisa segera mengakses Clubhouse dan memilih berbagai topik obrolan sesuai dengan minat yang telah tersedia dalam berbagai daftarroom, termasuk daftar dari partisipan yang telah terlibat di tiap room (ruangan) tersebut. 

Kamu juga bisa bebas keluar dari obrolan yang saat itu sedang berlangsung, dan masuk ke obrolan yang lain sesuai minat dan keinginan.

Siapa Saja yang Bisa Membuat Akun Clubhouse?

Sayangnya, saat ini aplikasi Clubhouse hanya bisa dinikmati oleh para pengguna smartphone berbasis iOS saja. Itu pun hanya para tokoh dan figur publik saja yang bisa menggunakannya karena aplikasi Clubhouse untuk saat ini masih tersedia dalam versi BETA, dan masing-masing penggunanya untuk saat ini hanya diperbolehkan mengundang maksimal dua orang saja untuk ikut bergabung. 

Namun, melansir dari Business Insider, Paul Davidson selaku CEO Clubhouse kini sedang berupaya melakukan pengembangan lebih lanjut untuk mengembangkan aplikasi Clubhouse android setelah melihat positifnya antusiasme publik terhadap aplikasinya ini.

Apakah Tetap Bisa Join ke Clubhouse Tanpa Undangan?

Sejatinya kamu bisa saja mengunduh aplikasi Clubhouse di AppStore secara manual tanpa melalui invite, dan mendaftarkan nama kamu dalam jajaran waiting list. Tetapi tetap tidak ada jaminan nantinya kamu bisa mendapatkan giliran untuk membuat akun sendiri tanpa bantuan aplikasi Clubhouse invite.

Nah, saat ini kamu pasti sudah mengenal aplikasi audio-chat yang sekarang sedang populer dan viral ini. Meski saat ini penggunaan aplikasi Clubhouse masih terbatas, namun tampaknya Clubhouse akan segera menjadi aplikasi sosial media hype ketika telah rilis bebas untuk semua kalangan nanti. Wah, kita tunggu saja, ya!

Baca juga:  Lirik dan Kunci Aku Masih Seperti yang Dulu Chord

Leave a Comment