AndroidAplikasiiOStekno

Aplikasi BIP Messenger, Cara Daftar dan Keunikan Fiturnya

 BIP Messenger adalah salah satu aplikasi chatting yang memungkinkan kamu untuk berhubungan dengan teman-teman jaringan kamu menggunakan voice call, video call dll, seperti halnya WhatsApp. 

Aplikasi ini mengalami peningkatan pesat jumlah pengguna semenjak adanya pembaruan kebijakan privasi oleh WhatsApp yang dianggap meresahkan oleh sebagian user. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas apa itu BIP, bagaimana cara daftar BIP Messenger dan bagaimana cara menggunakannya, serta apa saja kelebihan fiturnya dibandingkan aplikasi pesan yang lain.

Apa itu BIP Messenger?

BIP Messenger adalah aplikasi perpesanan gratis yang telah dikembangkan oleh developer Turki, Turkcell untuk perangkat smartphone dan tablet. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat berupa text, voice call, pesan suara, foto, video, juga memiliki fitur melakukan panggilan suara dan video call. Saat ini BIP telah tersedia di Play Store, AppStore, dan juga Huawei AppGallery.

Dari mana BIP berasal?

Aplikasi BIP Messenger berasal dari Negeri Turki. Aplikasi ini dibuat oleh Turkcell yang menjadi salah satu perusahaan utama operator seluler yang berbasis di Istanbul, Turki.

Cara daftar dan menggunakan aplikasi BIP Messenger

1. Download dan install aplikasi BIP

Cara daftar dan menggunakan aplikasi BIP Messenger
Cara daftar dan menggunakan aplikasi BIP Messenger

Langkah pertama Anda download lebih dulu aplikasi BIP Messenger. Untuk  Anda pengguna Smartphone Android bisa mendapatkannya dari Play Store, sementara pengguna iOS silakan mendownload dari AppStore

Download BIP: Android | iOS

2. Buka aplikasi BIP

Setelah download dan berhasil install, buka aplikasinya dari hp Anda.

3. Tap pada tombol Continue

Setelah aplikasi berhasil terbuka, pada tampilan halaman pertama Anda tap pada tombol Continue seperti gambar di bawah.

Cara daftar bip messenger
Cara daftar bip messenger

4. Beri izin aplikasi BIP untuk melakukan panggilan dan SMS

Selanjutnya aplikasi BIP akan meminta izin akses untuk bisa melakukan panggilan dan SMS di HP Anda. Klik saja Allow.

Cara%2Bdaftar%2Bbip%2Bmessenger2

5. Masukkan nomor HP

Selanjutnya masukkan nomor HP Anda pada kolom input yang disediakan. Anda harus menggunakan nomor HP yang aktif karena nantinya akan ada kode verifikasi melalui SMS yang akan dikirimkan oleh BIP. Setelah selesai memasukkan nomor HP tap pada tombol Get verivication code.

Bip Messenger
Bip Messenger

6. Masukkan kode verifikasi

Tunggu sejenak hingga kode verifikasi Anda terima, setelah itu masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia. Apabila nomor berada pada HP yang sama maka kode akan otomatis terinput ke aplikasi BIP.

7. Buat nama dan foto profile

Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi biodata nama profil dan memasang foto profil. Silakan gunakan nama profil dan foto sesuai keinginan Anda. Lanjutkan langkah-langkahnya seperti biasa hingga selesai.

8. Mulai chat menggunakan BIP

Setelah pendaftaran BIP Messenger selesai Anda akan masuk ke tampilan utama. Aplikasi BIP akan segera melakukan sinkronisasi otomatis apabila ada kontak-kontak di HP Anda yang juga menggunakan aplikasi yang sama. Tap pada menu Contact untuk melihat teman-teman yang telah terdaftar dan menggunakan BIP dan Anda bisa mulai melakukan chatting dengan mereka.

Seperti aplikasi pesan singkat lainnya, BIP bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, foto, video, dan voice note, serta file lainnya. Anda juga bisa melakukan panggilan suara dan video call dengan mudah baik secara personal maupun group, selama koneksi internet lancar maka kualitas telepon BIP ini juga cukup bagus.

Kelebihan BIP Messenger

Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi BIP ini adalah keamanan data dan juga privasi pengguna, setidaknya inilah yang menjadi daya tarik dari aplikasi ini sehingga banyak yang melakukan migrasi dari WhatsApp. Selain itu BIP juga memiliki beberapa fitur unik yang tidak dimiliki messenger lain yang menjadi kelebihan tersendiri bagi aplikasi ini.

Kelebihan BIP:

1. Chat dengan kontak yang belum menggunakan BIP

Pada saat Anda menggunakan BIP dan ingin mengirim pesan ke kontak yang belum mendaftar aplikasi BIP maka pesan akan dikirimkan via SMS tanpa dikenakan biaya alias gretongan.

2. Translate pesan ke bahasa lain

Apabila Anda mengirim pesan dalam bahasa Indonesia ke kontak yang menggunakan bahasa Urdu misalnya, maka pesan tersebut bisa secara otomatis diterjemahkan ke bahasa Urdu pada HP penerima.

3. Menggunakan dua nomor

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna yang memiliki dua nomor untuk menggunakan satu aplikasi BIP tanpa harus menginstallnya di HP yang terpisah.

4. Game

Ini adalah salah satu fitur unik dan unggulan yang ada di BIP, di dalam aplikasi ini terdapat beberapa permainan sederhana yang bisa Anda mainkan.

5. Fitur transfer uang

BIP juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mentransfer uang, bahkan pengembang aplikasi mengklaim kalau fitur ini sangat aman.

Bagaimana? apakah Anda tertarik untuk mulai menginstal BIP? Ceritakan pendapat Anda di kolom komentar ya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk melanjutkan harap non-aktifkan AdBlock