Cara Memilih Pasangan Hidup yang Ideal

Saat kita memutuskan untuk menikah dan menghabiskan hidup dengan pasangan tentu butuh banyak pertimbangan, hal ini agar kedepannya menjadi pasangan bahagia. Apa saja sih tanda pasangan hidup yang ideal untuk Anda nikahi? Yuk, simak 7 tanda bahwa pasangan Anda adalah seorang pasangan hidup yang ideal.

Cara Memilih Pasangan Hidup yang Ideal
Cara Memilih Pasangan Hidup yang Ideal


1.     Dewasa dan tidak kekanak-kanakan

Dewasa dan tidak kekanak-kanakan bukan berarti orangnya selalu serius dan tidak bisa bersikap santai, namun sudah cukup dewasa dalam berpikir dan menjalani hidup. Dalam bersikap, mengambil sebuah keputusan, dilakukan dengan penuh pemikiran yang matang dan rasa tanggung jawab.

2.     Terbuka

Ia membuka diri untuk bisa menerimamu apa adanya, juga selalu mengajakmu berdikusi terkait semua hal dalam hidup. Ia tidak menyembunyikan sesuatu, tidak mengambil keputusan sepihak, juga tidak ragu membahas masalah sensitif dan sulit sekalipun, karena ia selalu berusaha mengerti sudut pandangmu, juga ingin membagikan isi kepala serta apa yang ada dibenaknya kepadamu.


3.     Jujur dan berkomitmen

Pasangan hidup ideal akan memulai dan menjalankan sebuah hubungan dengan sebuah komitmen konkrit dan kejujuran. Mereka paham bahwa kebohongan dan rahasia bisa menjadi batu rintangan dalam menjalin sebuah hubungan, karena itu mereka akan selalu berusaha jujur dan berkomitmen dalam menjalankan janji-janjinya terhadap pasangan.


4.     Bisa menghormati dan berempati pada pasangan

Dalam menjalin hubungan, Anda dan pasangan mungkin tidak selalu saling mengerti, bisa juga terjadi perbedaaan pendapat dan pertengkaran. Namun, hubungan yang dimulai dengan rasa hormat satu sama lain akan membuat kedua belah pihak selalu berusaha menempatkan dirinya diposisi pasangan. Tidak pernah memaksakan kehendak dan keinginannya saja, ia akan berusaha mencari tahu apa yang dirasakan dan yang diinginkan pasangan.

5.     Bisa berkompromi

Sikap egois dan selalu ingin menang sendiri akan membuat jalinan percintaaan menjadi sulit. Anda dan pasangan harus tahu kapan dan bagaimana cara berkompromi dalam hubungan, karena saat sudah menjadi pasangan hidup, akan ada masa-masa dimana Anda akan berbeda pendapat dan berselisih paham. Maka, kemampuan berkomunikasi, menyelesaikan masalah, dan berkompromi dalam mencari solusi diperlukan dalam hubungan.

6.     Mandiri sekaligus bisa menjadi partner dalam hubungan

Meski Anda telah berkomitmen untuk menghabiskan hidup dengan seseorang, Anda dan pasangan Anda adalah dua karakter berbeda. Maka, kedua pihak harus tahu kapan waktunya bergantung pada pasangan, kapan bisa mandiri dan menjadi individu yang perlu waktu dan keinginan personal, juga kapan waktunya bekerjasama dan menjadi partner dalam menjalani hubungan. Kekompakan dan keseimbangan sebagai pribadi dan partner dalam menjalin sebuah hubungan sangatlah penting untuk kelanggengan hubungan.

7.     Perhatian

Anda atau pasangan mungkin bukan tipe pasangan romantis, tetapi dalam menjalin hubungan jangka panjang, perhatian yang disampaikan dengan tulus antar satu sama lain jauh lebih penting daripada sekedar sikap romantis yang belum tentu bertahan lama. Dari perilaku, perkataan, sikap, bahkan hal-hal kecil sehari-hari, menunjukkan perhatian kepada satu sama lain sangat penting untuk menjaga cinta Anda tetap hidup.

Baca juga:  6 Alasan Seorang Cowok Harus Kencan Denganmu

Leave a Comment