Cara Menggunakan Aplikasi Google Meet Dengan Mudah

Banyak cara yang bisa kita coba untuk mengadakan meeting secara online. Platform Google termasuk salah satu yang menyediakan layanan meeting dengan aplikasi yang mereka tawarkan yaitu Google Meet. Anda bisa juga memanfaatkan Google Meet untuk melakukan Work from Home (WFH).

Saat ini Google Meet bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. Banyak sekali fitur gratis yang diberikan oleh Google saat menggunakan aplikasi ini hanya demi memberikan kemudahan yang fleksibel bagi penggunanya. 

Anda juga bisa langsung login ke aplikasi ini jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun di Google. Hal ini yang menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki aplikasi besutan Google dibandingkan dengan aplikasi meeting lain. Melakukan meeting pun bisa dibuat dengan cara efektif untuk banyak orang sekaligus, tanpa mengurangi kenyamanan pengguna. 

Apa Itu Aplikasi Google Meet?

Apa Itu Aplikasi Google Meet?
Apa Itu Aplikasi Google Meet?


Google Meet adalah aplikasi daring yang digunakan untuk melakukan sebuah konferensi percakapan baik secara video dan audio secara realtime. Sebuah aplikasi yang didukung langsung oleh Google.

Sebenarnya, ini merupakan salah satu bentuk lain dari aplikasi Google Hangouts dan dibuat secara khusus untuk berbisnis dan kalangan lain. Ketika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan panggilan dengan lebih dari 30 pengguna secara real time, dan bersamaan. 

Google Meet ini bisa dijadikan salah satu alternatif dari beberapa aplikasi meeting yang lain agar Anda bisa melakukan meeting dan bercakap online. Aplikasi ini terbilang ramah perangkat. Anda dapat mengaksesnya melalui perangkat komputer atau smartphone. Adapun sistem operasi yang didukung untuk saat ini adalah Windows, Mac, iOS, dan juga Android. 

Selama pandemi Corona ini, Google telah memberikan keringanan dalam pemakaian Google Meet dengan menggratiskannya hingga bulan Juli 2021. Secara garis besar, Google Meet ini tidak hanya bisa difungsikan sebagai media rapat online.

Banyak guru dan tenaga pengajar yang menggunakannya sebagai cara alternatif untuk menggantikan pertemuan kelas offline. Karena banyaknya fitur dan layanan yang diberikan oleh Google dalam aplikasi ini. 

Bisa Telepon Gratis Sampai Maret 2021

Sejak awal pandemi Covid-19, Google Meet telah memberikan akses penuh kepada pengguna secara gratis untuk bisa menikmati fitur-fitur dan fasilitas yang hanya ada pada versi aplikasi berbayar, termasuk fasilitas menelepon gratis selama 60 menit. Kini, Google kembali mengumumkan bahwa fasilitas telepon gratis ini akan diperpanjang.

Pengguna Google Meet versi gratis masih bisa melakukan panggilan telepon secara tak terbatas (unlimited, 24 jam per-hari), sampai dengan tanggal 31 Maret 2021 nanti. Fasilitas ini hanya diberikan kepada para pengguna gratis dengan menggunakan akun Gmail.

Cara Menggunakan Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet
Cara Menggunakan Google Meet, Foto: Google Play
Baca juga:  6 Rekomendasi Aplikasi Live Streaming VCS 2021

Melalui Komputer Desktop atau Laptop:

1. Search Google Meet pada kolom pencarian

Untuk menggunakan aplikasi ini pada PC atau Laptop maka Anda harus mengklik Google Meet dalam browser Anda. Di sana ada beberapa opsi menu yang bisa Anda pilih sebelum Anda memulai pertemuan. 

2. Masuk ke akun atau buat akun

Setelah Anda berada di dalam beranda Google Meet. Cobalah untuk login menggunakan akun yang sudah Anda miliki di Google Meet. Jika sebelumnya Anda belum pernah membuat akun maka Anda bisa menggunakan semua akun yang telah terhubung ke Google. 

3. Klik join atau start meeting

Sebelum melakukan meeting Klik Join atau Start Meeting pada menu. Di sini Anda bisa mendapatkan meeting ID atau identitas untuk melakukan meeting. Secara langsung bisa mendapatkan password kemudian linknya. 

4. Tuliskan judul pada meeting

Anda juga bisa menambahkan judul pada pertemuan online yang sedang atau akan dilakukan. Secara langsung judul tersebut bisa dilihat oleh para peserta daring. Cara ini berguna untuk memudahkan siapapun agar dapat mengetahui siapa yang melakukan undangan prihal meeting. 


5. Berikan akses untuk izin mikrofon dan kamera

Cara menggunakan Google Meet selanjutnya adalah dengan melakukan setting pada mikrofon dan kamera komputer atau laptop. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda bisa melakukan cek pada kamera atau mikrofon perangkat Anda jika memang sudah sesuai dengan settingan. Tanpa memberikan izin akses pada kedua bagian ini maka meeting online tidak akan bisa berjalan secara optimal. 

Melalui Smartphone:

1. Download aplikasi di Android atau iOS

Google Meet bisa digunakan di mana pun Anda dan kapan saja Anda berada, selama ada jaringan internet. Ketika Anda tidak mengakses laptop atau PC Anda, maka Anda maasih bisa menggunakan Google Meet melalui smartphone. Anda hanya perlu mendownloadnya di AppStore atau Play Store, karena perangkat Android dan iOS sudah bisa meggunakan aplikasi besutan Google ini. 

2. Lakukan proses signup atau sign in

Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi ini di smartphone maka hanya perlu melakukan proses signup atau sign-in langsung di aplikasi. Gunakan akun yang telah Anda pakai atau buat akun baru dengan menggunakan sinkronisasi Google. Secara langsung Anda bisa segera login dan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Google Meet. 

3. Lakukan pilihan meeting

Cara mendapatkan Google Meet sangat mudah di lakukan. Untuk memulai meeting online maka Anda hanya perlu mengklik tombol plus ‘+’ yang ada di bagian pojok kanan bawah perangkat Anda. Setelah itu pilih opsi New Video Call maka Anda bisa langsung menjadi host dalam sebuah meeting. 

4. Tambahkan partisipan

Untuk menambahkan peserta meeting maka Anda bisa menghubungkan secara langsung melalui nomor HP peserta atau Email peserta. Tapi, jika Anda sebagai peserta rapat, atau kelas daring dan ingin gabung meeting atau kelas online maka bisa melakukan login dengan link dan password yang disediakan oleh host. 

Cara memulai Google Meet

1. Klik join now atau present

Bagi Anda yang menjadi host dalam sebuah meeting online maka bisa menekan tombol present. Artinya, Anda bisa memulai untuk melakukan rapat atau kelas online dan mengundang peserta lainnya. Bagikan link kemudian password meeting untuk join meeting kepada peserta meeting lainnya. 

Menu join now adalah cara untuk bisa bergabung dengan pertemuan yang telah dibuat atau sedang berlangsung. Anda akan mendapatkan link kemudian password untuk melakukan sebuah meeting. Ketika bergabung Anda akan berada dalam sebuah “room” dan bisa melakukan percakapan secara langsung. 

2. Berikan link untuk join pada peserta lain

Jika Anda sebagai host dalam meeting maka bisa membagikan link room Anda kepada peserta lainnya. Secara langsung peserta yang Anda undang akan masuk ke dalam room yang dibuat dan hanya perlu memasukan password. 

Fitur-Fitur yang Dimiliki oleh Google Meet

Fitur-Fitur yang Dimiliki oleh Google Meet
Fitur-Fitur yang Dimiliki oleh Google Meet, Foto: Google Play
Baca juga:  7 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online Shop Indonesia

Video atau audio call online

Perkembangan teknologi menjadikan siapapun bisa melakukan berbagai kegiatan dengan Google, dari mulai yang sederhana hingga yang luar biasa seperti kelas online, atau bekerja dari rumah. Seperti layanan Google Meet yang diberikan oleh Google saat ini. Ketika Anda bisa melakukan panggilan video atau audio call secara real time dengan banyak peserta dengan mudah, maka hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan meeting saat sedang Work from Home, atau bahkan kelas online beserta siswa-siswa Anda. 

Sinkronisasi dengan G-Suite

Fitur lain dari Google Meet yang saat ini belum tentu dimiliki oleh aplikasi lainnya adalah adanya fitur sinkronisasi akun. Ketika akun Anda bisa langsung disinkronisasikan oleh Google, Anda pun bisa langsung login atau membuat akun dengan akun yang telah tersedia di Google. 

Berbagi layar

Kemudahan melakukan presentasi secara online juga bisa dilakukan melalui Google Meet. Saat ini Anda bisa melakukan berbagi layar dengan mudah sehingga presentasi saat meeting bisa tetap berjalan secara efisien. Ketika Anda akan melakukan berbagi layar maka semua peserta meeting bisa dengan mudah melihat layar yang Anda tampilkan. 

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Kelebihan:

  • Bisa menampung lebih dari 250 peserta dalam satu pertemuan.
  • Tersedia fitur video call dan audio call secara gratis. 
  • Terhubung langsung dengan G-Suite atau akun Google yang sedang digunakan penggunanya. 
  • Melakukan meeting secara real time.
  • Anda bisa dengan mudah membagikan layar Anda dan melakukan presentasi. 
  • Privasi pengguna terjaga dan sudah dipastikan aman oleh Google sebagai penyedia layanan sekaligus developer Google Meet.

Kekurangan:

  • Ketika perekaman meeting teks yang ditulis biasanya akan hilang (mungkin ini cuma bug).
  • Perekaman meeting sangat terbatas.
  • Tidak ada fitur untuk mengganti background pengguna agar tampilan layar lebih baik. 
  • Merupakan aplikasi yang berbayar, tidak direkomendasikan untuk non-bisnis.
Baca juga:  3 Cara Ketahui Influencer Palsu atau Asli

Work from Home yang Anda lakukan bisa menjadi lebih mudah dikala Anda sudah memahami cara pemakaian Google Meet. Terdapat banyak fitur dan fasilitas lainnya yang bisa Anda dapatkan. Saat ini Google Meet bisa digunakan secara gratis, ini merupakan kebaikan Google dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 sebagai upaya membantu WFH. Semoga artikel ini dapat membantu, selamat bekerja!

Leave a Comment