Cara Menghilangkan Stress

Ketika seseorang dilanda stres, maka di dalam tubuh akan terjadi peningkatan hormon kortisol dan adrenalin dan memicu penyakit jantung, gangguan pencernaan, bahkan depresi. Stres yang diakibatkan juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Cara Menghilangkan Stress
Cara Menghilangkan Stress

Mengetahui Cara Ampuh Menghilangkan Stres

Masalah ekonomi atau pekerjaan berat yang menjadi beban, seringkali menjadi masalah yang dihadapi oleh seseorang seiring bertambahnya usia. Jika tidak segera diatasi, masalah tersebut bisa saja menimbulkan stres. Memang cara menghilangkan stres untuk tiap orang bisa berbeda. Namun, ada berbagai macam cara menghilangkan stres yang bisa dilakukan setiap orang dengan sederhana, tanpa menggunakan modal biaya yang besar.

Berikut berbagai cara menghilangkan stres yang bermanfaat membuat tubuh dan pikiran Anda tetap sehat:

  • Lakukan kegiatan yang disukai
    Coba Anda ingat-ingat lagi, kegiatan apa saja yang membuat lupa waktu dan Anda sangat terhibur melakukannya. Lakukan hal positif yang Anda senangi seperti memancing, membaca buku, menulis, menonton drama Korea, atau hobi apa pun yang Anda gemari sampai hal-hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar stres Anda.
  • Tetap bergerak dan berolahraga
    Saat Anda mengalami stres, jangan malah mengurung diri di kamar. Namun, tetaplah bergerak dan melakukan olahraga ringan, seperti lari, bersepeda, atau berjalan kaki. Melakukan latihan peregangan otot seperti yoga selain dapat mengurangi ketegangan pada otot, juga berpotensi meringankan stres. Pada saat tubuh Anda bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang membuat sensasi Anda merasa lebih baik.
  • Mendengarkan musik bernada lembut
    Mendengarkan musik bernada lembut merupakan salah satu cara alternatif menghilangkan stres yang sangat membantu. Hal ini dikarenakan musik dengan nada yang lembut dapat menurunkan laju detak jantung, meredakan kecemasan, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, mendengarkan musik  yang tenang dan lembut membuat hormon kortisol dan tekanan darah Anda menurun.
  • Meditasi
    Ketika terserang stres dan ada begitu banyak problem dalam pikiran Anda, cobalah untuk melakukan meditasi. Ini dapat menjadikan Anda menjadi lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi saat itu atau tujuan awal Anda. Salah satu teknik meditasi yang dapat Anda lakukan yaitu meditasi mindful. Meditasi ini mensyaratkan Anda untuk fokus pada setiap hal yang saat ini Anda rasakan, termasuk gerakan pernapasan Anda. Lalu ada juga meditasi mantera, yaitu meditasi dengan cara memusatkan atau mengosongkan pikiran dengan teknik mengulang kata secara berulang-ulang.
Baca juga:  Mencegah Uban Tumbuh Secara Alami

Lakukan cara menghilangkan stres sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, atau Anda juga bisa melakukan sesuai dengan cara Anda sendiri. Hadapilah setiap masalah yang terjadi dengan senyuman sebagai tanda semangat, sehingga Anda akan terhindar dari stres dan berbagai macam risiko penyakit. Jangan segan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau psikolog, jika stres terjadi secara berlarut-larut.

Referensi:

Mayo Clinic (2017). Meditation: A Simple, Fast way to Reduce Stress.

Alodokter.com

Mayo Clinic (2016). Chronic Stress Puts Your Health at Risk.
Watt, A. Healthline (2018). How Meditation Can Help You Manage Bipolar Disorder.Bhandari, S. WebMD (2018). Stress Management.

Moninger, J. WebMD (2017). 10 Relaxation Techniques That Zap Stress Fast.

Leave a Comment