Terjawab Sudah Rumor Kamera Samsung S21 Ultra Palsukan Foto Bulan

 Ponsel besutan Samsung varian teratas di kelas Galaxy S21, Samsung S21 Ultra yang dibekali dengan sederet keunggulan fitur di kamera yang memiliki resolusi 108 megapiksel dan dibekali dengan fitur perbesaran 3x dan 10x.

lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=7574&loc=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Fteknologi%2F20210205185128 185 602923%2Frumor kamera samsung s21 ultra palsukan foto bulan terjawab&referer=https%3A%2F%2Fwww.google

Dikutip GSMArena, beberapa ulasan Galaxy S21 ultra memang dapat menghasilkan foto Bulan yang terlihat sempurna setelah dijepret. Bulan itu terlihat jernih, lengkap dengan gambaran detail yang menyerupai kawah di permukaannya.

Galaxy S21 Ultra with 100x zoom Raymond Wong / Input
Galaxy S21 Ultra with 100x zoom Raymond Wong / Input


Namun, belakangan ini terdapat kontroversi terkait kemampuan kameranya. Beredar dugaan bahwa foto bulan hasil jepretan Galaxy S21 ultra merupakan hasil tempelan, yang menggabungkan tangkapan asli dari kamera dengan foto bulan yang sudah tersedia di dalam perangkat.


x

Penyempurnaan gambar ini diduga dilakukan menggunakan akal-akalan kecerdasan buatan (AI) yang seolah-olah menghasilkan gambar sempurna yang asli. Tudingan tersebut, persis dengan yang dituduhkan kepada Huawei P30 pro pada 2019 silam.

Raymod Wong dari Inputmag, akhirnya menyelidiki keraguan yang ditudingkan itu. Ia bertanya kepada beberapa reporter teknologi yang merasa curiga adanya proses penyempurnaan AI pada jepretan Bulan.

Setelah dia melakukan berbagai penyelidikan, Wong akhirnya menemukan cara untuk membuktikan keraguannya, dengan membandingkan 100X dengan foto Bulan lain, yang diambil menggunakan kamera mirrorless dan lensa jarak jauh untuk membuktikan pola yang dihasilkan oleh Samsung S21 Ultra.

Akhirnya, jepretan yang dihasilkan oleh S21 ultra terlihat lebih mengesankan daripada jepretan oleh kamera mirrorless full frame milik Sony A7R III yang dilengkapi lensa zoom 600mm. Meski kamera mirrorless beserta lensa diperkirakan ditarif 3 kali lebih mahal dari harga Samsung S21 itu.

Namun, hasil jepretan dengan menggunakan kamera S21 itu sangat identik dengan jepretan foto yang dihasilkan oleh kamera Sony A7R III itu. Akhirnya dapat disimpulkan, kemungkinan besar hasil gambar dari Sony A7R asli.

Saat dikonfirmasi ke pihak Samsung mengenai kecerdasan buatan yang dituduhkan melengkapi foto bulan, seorang juru bicara Samsung mengkonfirmasi kalau Galaxy S21 ultra memang mampu memotret Bulan dengan baik.

Samsung S21 ultra akan menyesuaikan exposure untuk memproses penyesuaian cahaya, sehingga bisa menangkap detail gambar permukaan Bulan.

“Kamera akan menggunakan algoritma deep AI untuk meningkatkan detail dan merestorasi tekstur. Lewat cara tersebut, tidak ada penggantian foto yang dilakukan,” jelas juru bicara Samsung.

Baca juga:  Tantangan Benadryl di TikTok ini Telah Merenggut Nyawa

Leave a Comment