9 Bisnis Rumahan Yang Lagi Trend Untuk Pemula

Sukses dengan bisnis yang dimiliki sendiri merupakan impian banyak orang. Namun, tak jarang anak muda maupun yang sudah memasuki usia matang enggan memulai bisnis karena merasa tak memiliki modal yang besar. Padahal banyak sekali peluang bisnis rumahan untuk pemula yang bisa dijalankan bahkan dengan modal kecil sekali pun.

Untuk menjadikan peluang bisnis rumahan menjadi lebih maju dan sukses, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dalam menjalankan bisnis jenis apa pun.

Dilansir dari The Balance Small Business Jakarta, Rabu (13/1/2021), beberapa peluang bisnis rumahan yang lagi trend saat ini dan masa depan, mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

1. Jasa Renovasi Rumah

9 Bisnis Rumahan Yang Lagi Trend Untuk Pemula 1

Indonesia merupakan negara yang berada di posisi peringkat ke-4 dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, semakin banyak orang yang menginginkan rumah mereka lebih layak huni dengan cara berinvestasi dalam renovasi rumah.

Jika Anda memiliki keahlian pertukangan kayu, pipa ledeng, kelistrikan, dekorasi, cuci AC atau keahlian perbaikan perabot rumah lainnya serta alat dan perlengkapan yang diperlukan, renovasi rumah dapat menjadi bisnis rumahan modal kecil untung besar yang ideal untuk dijalankan dari rumah.

Anda bisa memasang jasa keahlian Anda dari rumah melalui medsos atau situs-situs jasa terkait, seperti OLX, Jualo atau yang lain. Bisnis jasa renovasi rumah semacam ini termasuk usaha rumahan yang tidak ada matinya, dan sangat cocok buat pemula anak muda. Selain bisa mengisi waktu dengan kegiatan positif, bisnis ini akan membuat Anda semakin terampil dan memiliki pengalaman.

2. Layanan Hewan Peliharaan

9 Bisnis Rumahan Yang Lagi Trend Untuk Pemula 2

Saat ini memiliki hewan peliharaan seperti hal wajib yang dilakukan kebanyakan orang, terutama saat pandemi CoVid-19. Banyak yang mengisi waktu di rumah aja dengan berkebun atau memelihara binatang.

Memanfaatkan situasi semacam ini Anda bisa membuka layanan hewan peliharan sebagai ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Ada berbagai jenis layanan yang bisa Anda tawarkan dalam bisnis pet care, mulai dari membuka petshop, penitipan kucing, perawatan, hingga jasa mengawinkan kucing.

Usaha penitipan hewan bisa menjadi ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga pecinta binatang.

3. Jasa Katering

Layanan katering makanan merupakan salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya dan akan selalu dibutuhkan, terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan. Layanan katering tidak hanya untuk pernikahan, tapi juga bisa untuk, pesta ulang tahun, dan makan siang para karyawan dan juga siswa.

Bayangkan, berapa yang Anda hasilkan jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap karyawan satu kantor atau pelajar satu kelas.

Untuk memulai bisnis layanan katering yang Anda perlukan adalah alat dan peralatan dapur yang lengkap serta ketrampilan dan kemampuan untuk merencanakan dan menyiapkan makanan bergizi dan menarik.

4. Dropship

Bisnis dropship adalah ide bisnis rumahan yang menjanjikan di tahun 2021. Dropship termasuk salah satu bisnis paling mudah yang dapat Anda lakukan. Anda hanya perlu mengiklankan gambar dengan cara mengunggah atau membagikan melalui medsos atau marketplace, kemudian jika ada konsumen yang menyukai dan membeli produk tersebut Anda hanya tinggal menghubungi supplier yang berkaitan dengan barang tersebut.

Ide bisnis ini sudah banyak diterapkan oleh orang Indonesia bahkan di tingkat korporasi. Namun tetap, bisnis ini akan terus menjanjikan di masa depan.

5. Layanan Kecantikan Dalam Rumah

Sebagian orang yang terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk pergi dan antri di salon, akan sangat membutuhkan layanan perawatan dan kecantikan di rumah. Ada berbagai jenis perawatan yang bisa ditawarkan seperti penataan rambut, body massage, manikur, pedikur, merias wajah, hingga pijat akupuntur.

Dengan usaha rumahan seperti ini Anda bisa menjalankannya di rumah atau mendatangi rumah pelanggan Anda.

6. Les Pelajaran Sekolah

Dengan adanya peraturan batas standar kelulusan dalam setiap jenjang pendidikan dari pemerintah, membuat para orang tua berinisiatif untuk memasukkan anaknya ke beberapa tempat bimbingan belajar terkenal. Sayangnya biaya bimbingan belajar di beberapa tempat bimbingan belajar tersebut terbilang mahal.

Jika Anda memiliki potensi kemampuan mengajar, Anda juga bisa membuka bimbingan belajar rumahan dengan biaya lebih murah dari tempat bimbingan belajar terkenal. Anda hanya perlu menyiapkan ruang kosong di rumah ditambah dengan meja dan beberapa perlengkapan alat tulis guna menjalankan proses bimbingan belajar.

Membuka tempat bimbingan belajar semacam ini bisa dibilang bisnis rumahan tanpa modal karena minimnya biaya yang perlu Anda persiapkan.

7. Jasa Menjahit

Bagi Anda yang ahli dalam menjahit pakaian bisa memanfaatkan keterampilan ini sebagai bisnis rumahan tanpa modal yang berpotensi menguntungkan. Meski saat ini sudah banyak pakaian jadi di pasaran, jasa menjahit masih tetap dicari untuk membuat pakaian dengan model yang sesuai dengan keinginan dan permintaan.

Anda tinggal mengembangkan target pasar, seperti gaun penganti, kostum super hero atau kostum Halloween. Terutama jika Anda hidup di pedesaan, membuka jasa menjahit pakaian akan menjadi peluang usaha rumahan di desa dengan minim modal.

8. Jasa Servis dan Instalasi Komputer

9 Bisnis Rumahan Yang Lagi Trend Untuk Pemula 3

Jasa ini paling umum dijadikan bisnis rumahan untuk mahasiswa atau pekerja IT. Hanya bermodalkan perkakas dan pengetahuan tentang hardware dan perakitan komputer Anda sudah bisa membuka usaha jasa servis dan instalasi komputer. Termasuk dalam kategori bisnis rumahan untuk mahasiswa yang satu ini, yaitu jasa servis ponsel pintar, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media dan juga kekuatan networking untuk mengiklankan jasa Anda.

9. Desain Grafis dan Video Editing

Kemampuan desain grafis dan edit video saat ini menjadi kemampuan yang paling banyak dimiliki dan dibutuhkan siapapun. Apalagi konten kreator yang akhir-akhir ini menjamur untuk membuat monten digital.

Kebutuhan desain grafis dan edit video ini bisa dibilang sangat dibutuhkan dan dicari oleh konten kreator bahkan para pengusaha baik usaha kecil menengah atau perusahaan besar. Pekerjaan desain grafis juga sebenarnya tidak memerlukan komunikasi intensif sehingga dapat dikerjakan secara remote. Namun perlu diingat, dalam video editing Anda akan membutuhkan komputer desktop atau laptop dengan spek yang tinggi.

Dengan demikian bisnis rumahan semacam ini akan membutuhkan sedikit tambahan modal. Karena itu bisnis ini sangat cocok buat mereka yang membutuhkan ide bisnis rumahan dengan modal besar. Anda bisa mengiklankan bakat Anda di situs-situs freelancer seperti Fastwork, Fiverr dan lain-lain.

Demikian artikel tentang ‘9 Bisnis Rumahan Yang Lagi Trend Untuk Pemula’ semoga bisa menginspirasi Anda yang sedang mencari peluang usaha rumahan yang tak ada matinya.

Leave a Comment

Exit mobile version