3 Cara Membersihkan Mesin Cuci Tanpa Membongkar

Cara Membersihkan Mesin Cuci – Mesin cuci merupakan alat yang dirancang khusus dengan menggunakan mesin yang secara otomatis dapat menyuci pakaian dan berbagai bahan tekstil rumah tangga lainnya. Agar mesin cuci awet dan tahan lama, alat pembersih ini perlu juga dibersihkan secara menyeluruh dan rutin setidaknya tiga atau empat kali dalam setahun. Jadi Anda bisa menginvestasikan dana jasa layanan tukang servis pada yang lain.

Membersihkan mesin cuci sangat diperlukan untuk membersihkan kerak noda, aroma tidak sedap, hingga bakteri maupun jamur yang hinggap di dalam mesin cuci hingga dapat membahayakan kesehatan kulit. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindari keberadaan kotoran yang ada di tabung menempel pada pakaian kita.

Cara membersihkannya pun sangatlah mudah, yang Anda perlukan hanya menyiapkan beberapa peralatan sederhana yang ada di dalam rumah. Namun sebelumnya, ketahui lebih dulu jenis mesin cuci yang Anda miliki, apakah jenis mesin cuci bukaan depan, bukaan atas, atau mesin cuci dua tabung. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Ketika ingin membersihkan mesin cuci, Anda memerlukan beberapa alat dan cairan yang biasa Anda miliki di rumah. Jadi Anda tidak perlu menggunakan pembersih tabung mesin cuci khusus. Sedangkan bahan untuk membersihkan mesin cuci yang dibutuhkan sebagai pembersih mesin cuci Anda adalah sebagai berikut.

Bahan untuk membersihkan mesin cuci

  1. Sikat Gigi Bekas
3 Cara Membersihkan Mesin Cuci sesuai Jenisnya
Sumber Gambar: The Spruce

Anda memerlukan sikat gigi bekas atau kuas berfungsi untuk menyikat noda yang membandel di sela-sela pintu tabung mesin cuci, tempat deterjen, dan bagian dalam tabung.

  1. Kain Lap

Selain ain lap untuk untuk mengelap bagian dalam tabung dan luar tabung yang kotor.

  1. Karbol atau Cairan Pemutih
Karbol atau Cairan Pemutih
Sumber Gambar: Tidecleaners

Karbol atau Bayclin ini akan digunakan sebagai pembersih isi tabung mesin cuci dan juga bisa berguna untuk membersihkan tempat deterjen. Cairan ini juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang ada di dalam tabung mesin cuci.

  1. Air Panas Secukupnya

Air panas sangat Anda butuhkan pada waktu melakukan program pencucian sebagai media pembersih tabung mesin cuci.

Langkah Membersihkan Mesin Cuci

Langkah Membersihkan Mesin Cuci
Sumber Gambar: Youtube Neha’s Kitchen

Sekarang Anda telah mengetahui peralatan dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membersihkan mesin cuci. Setelah itu, Anda perlu memastikan jenis mesin cuci yang Anda gunakan. Tipe mesin cuci yang berbeda memiliki teknik pembersihan tabung yang cukup berbeda juga. 

Perbedaan ini terdapat pada lokasi pintu yang berbeda-beda, ada mesin cuci yang memiliki pintu bukaan atas, bukaan depan, dan mesin cuci dua tabung dengan pengering yang terpisah.

Ketika sudah Anda pastikan tipe mesin cuci yang digunakan, simak cara membersihkan mesin cuci berbagai tipe dengan mudah dan praktis berikut ini!

1. Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Load)

1. Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Load)
Sumber Gambar: Visat Detergents

Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas yaitu dengan melakukan hal-hal berikut:

  1. Kosongkan mesin cuci, tuangkan air panas yang telah disiapkan secukupnya.
  2. Jalankan program pencucian dengan air panas hingga selesai.
  3. Bersihkan tempat deterjen, karet mesin cuci, dan pintu mesin cuci menggunakan kuas atau sikat gigi bekas.
  4. Rendam tempat penyimpanan deterjen dengan karbol dan bersihkan kemungkinan sisa-sisa deterjen yang menempel.
  5. Bilas mesin cuci bukaan atas Anda dengan mengulangi kembali program pencucian.
  6. Pada proses pencucian kali ini, tuangkan air panas dengan menambahkan 700 ml cuka putih dan satu bungkus baking soda.
  7. Di tengah proses pencucian, matikan mesin cuci Anda selama kurang lebih satu jam lalu nyalakan kembali program pencucian hingga selesai.

2. Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan (Front Load)

2. Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan (Front Load)
Sumber Gambar: Pro Housekeeper

Sedangkan membersihkan mesin cuci bukaan depan yaitu: 

  1. Kosongkan terlebih dulu mesin cuci Anda dan tuangkan air panas secukupnya ke dalam tempat cuci. 
  2. Tuangkan dua cangkir cuka putih atau pemutih klorin ke dalam tempat deterjen lalu jalankan program pencucian. Proses ini berguna untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di dalam mesin cuci.
  3. Rendam laci deterjen dengan air panas secukupnya. Anda juga bisa menambahkan karbol agar laci deterjen menjadi lebih bersih.
  4. Gunakan lap untuk membersihkan bagian pintu mesin cuci dan pinggiran karet secara perlahan.
  5. Tak lupa, bersihkan juga saluran tempat detergen dan tabung mesin cuci menggunakan lap. Gunakan kuas atau sikat gigi bekas apabila noda cukup membandel.
  6. Bilas mesin cuci lalu keringkan. 
  7. Pasang kembali tempat deterjen yang terdapat di dalam mesin cuci.
  8. Selesai.

3. Cara Membersihkan Mesin Cuci Dua Tabung (Twin Tub)

3. Cara Membersihkan Mesin Cuci Dua Tabung (Twin Tub)
Sumber Gambar: One Good Thing

Cara membersihkan tabung mesin pencucian dua tabung ini hampir cara yang sama dengan mesin cuci bukaan atas dan depan. Hanya saja terdapat perbedaan pada cara pembersihan tabung pengering mesin cuci. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bersihkan permukaan tabung menggunakan obat pembersih atau cuka putih.
  2. Masukan beberapa handuk bersih atau lap ke dalam tabung lalu jalankan program pengering selama 15 menit.
  3. Setelah itu, bersihkan filter penyaring serat yang ada di dalam tabung. Bersihkan dengan air lalu diamkan sampai kering.
  4. Pasang kembali filter penyaring serat.
  5. Selesai.

Bagaimana mudah kan cara membersihkan mesin cuci tanpa membongkar? Karena itu bersihkan mesin cuci Anda agar terhindar dari jamur dan lembab.

Leave a Comment