Tips Bagaimana Cara Aman Melakukan Transaksi Secara Online

Seiring perkembangan zaman minat masyarakat Indonesia terhadap jual beli online di marketplace semakin marak, apalagi akses perbankan online juga semakin mudah. Hal ini menimbulkan modus kasus penipuan yang yang semakin beragan mengancam para pelaku belanja online di beberapa marketplace, baik penjual maupun pembeli.

Oleh karena itu, Nyaut.com ingin berbagi empat tips penting bagaimana cara aman melakukan transaksi secara online. Selalu ingat langkah-langkah melakukan transaksi online berikut, ya!

1. Selalu rahasiakan kode OTP kamu

kode otp

Apa sih kode OTP itu?

Kode OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang umumnya terdiri dari 5-6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia yang umumnya dikirimkan melalui Email, SMS atau WhatsApp. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama 2 – 3 menit.

Kapan kode OTP diperlukan?

Kode OTP dikirimkan dalam bentuk Email, SMS atau Whatsapp oleh pihak marketplace seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak dan digunakan sebagai bentuk keamanan dalam mengonfirmasikan login atau transaksi yang dilakukan secara online

Bagaimana cara mendapatkan kode OTP?

  • Kode OTP didapatkan ketika akan melakukan konfirmasi login pada suatu aplikasi.
  • Kode OTP juga akan diberikan ketika akan melakukan perubahan data, termasuk password, perubahan rekening dan data sensitif yang lain.
  • Kode OTP bisa juga umum dikirimkan saat akan melakukan transaksi jual beli online.

Jika sudah menerima kode OTP, segera masukkan kode tersebut agar tidak hangus. Jangan lupa juga untuk berhati-hati, apabila ada pihak lain yang menanyakan kode ini.

Kode ini sifatnya sangat rahasia dan sangat berbahaya jika sampai diketahui orang lain. Bahkan, karyawan atau perwakilan dari marketplace pun tidak berhak mengetahui kode tersebut. Karena itu, jangan pernah memberikan kode OTP termasuk kepada orang yang mengaku karyawan marketplace.

Apa yang harus saya lakukan untuk menjaga keamanan akun?

Lindungi akun Bank, Shopee, Tokopedia dan Bukalapak kamu, jangan berikan kode OTP ke siapa pun! Termasuk kepada pihak marketplace atau bank, apalagi kepada pihak yang mengatasnamakan Bank.

Kalau kamu membagikan kode OTP ke orang lain, sama aja kayak kamu memberi orang lain akses ke dalam akun marketplace dan bank kamu. Akibatnya mereka bisa menyalahgunakan akunmu misalnya data nama, tanggal lahir, nomor KTP, kartu ATM, kartu kredit. Ingat ya, kode ini penting banget (sepenting PIN kartu ATM kamu). Jangan sekali-sekali dibagikan ke orang lain.

Jika kamu merasa sedang tidak meminta kode OTP namun ada kode One-Time Password yang masuk via SMS atau Whatsapp, segera ubah password akunmu dan segera laporkan ke pihak marketplace atau bank terkait.

2. Ingat Situs Resmi Bank dan Marketplace

link palsu
Tips Bagaimana Cara Aman Melakukan Transaksi Secara Online 4

Antisipasi! Selalu ingat alamat situs resmi dari marketplace atau bank kamu. Jangan sampe ketipu sama link abal-abal yang berdalih kalo itu link diskon atau pengecekan pengiriman dan lain-lain. Pokoknya kalo bukan link situs resmi, bisa dipastikan palsu.

Babeh: Babeh abis transaksi di Lazada, nih. Terus katanya suruh isi data di link www.diskonkerenlazada.com untuk dapet diskon

Emak: Wah beneran? Buruan diklik kalo gitu, emang diskonnya dapet berapa, Be?

Babe: Diskonnya 50%!!

Wati: Ati-ati tuh Be, beneran dari Lazada apa kagak? Inget, link Lazada yang bener itu cuma https://www.lazada.co.id

Babe: Ah, yang bener?!

Wati: Yak elah Be, Wati kan anak milenial, Be. Wati tau modus penipuan online terbaru.

Babe: Waduuuh, penipuan dong ini?! Kagak usah di klik dan diisi kalo gitu yak!

Emak: Bujug buseet ati-ati deh kalo gitu, Be.

3. Hati-hati Terhadap Akun Medsos yang Mengaku Pihak Marketplace atau Bank

– Akun media sosial Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan juga bank yang resmi selalu memiliki centang biru verifikasi.

– Jika ada pertanyaan perihal transaksi, tim terkait tidak akan mengarahkan kamu ke link yang mencurigakan, dan pasti membantu kamu sesuai prosedur.

– Tim Support di media sosial juga tidak akan meminta data pribadi kamu seperti username dan password akun marketplace dan bank, apalagi Kode OTP.

– Selalu jaga keamanan akunmu dan jika ada pertanyaan jangan ragu untuk hubungi Tim Support di website resminya.

4. Waspadai Berbagai Modus Penipuan Online

  • Selalu waspada saat kamu menerima pesan melalui media sosial mana pun yang menginformasikan bahwa kamu menerima hadiah dari marketplace atau bank.
  • Waspada terhadap modus penipuan via telepon dan mengatasnamakan bank atau marketplace.
  • Oknum penipu online biasanya berpura-pura sebagai admin marketplace atau bank dengan cara memberikan alamat website lain untuk diminta memasukan nomor telepon kamu.
  • Tim marketplace atau bank tidak pernah memberikan link pada website lain untuk pemberian hadiah. Ingat, perusahaan besar selalu punya website resmi dengan domain yang ciamik.
  • Selalu ingat bahwa informasi terkait promo hanya ada di akun media sosial resmi marketplace atau bank, dan memiliki centang biru verifikasi atau ditandai dengan tanda Akun Resmi atau Channel Resmi.

Demikianlah tips Cara Aman Melakukan Transaksi Secara Online. Tetap waspada karena modus penipuan lewat hp semakin marak dan terus berkembang.

Leave a Comment