Dengan Aplikasi Flip, Transfer Uang Antar Bank Menjadi Gratis

Aplikasi Flip adalah aplikasi transfer uang gratis antar bank asal Indonesia yang sukses masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia 2021.

Bulan April lalu, Forbes merilis daftar anak muda yang berhasil masuk dalam daftar 30 under 30 Asia 2021. 

Dari daftar yang ditampilkan, sejumlah anak muda asal Indonesia berusia di bawah 30 tahun dianggap mampu memberikan inovasi turut masuk dalam daftar Forbes.

Salah satunya adalah aplikasi FLIP yang masuk dalam kategori Finance & VC. Flip didirikan oleh Rafi Putra Arriyan yang menjabat sebagai CEO dibantu kedua temannya. 

Dikutip dari Forbes, ketiga anak muda yang berasal dari perguruan tinggi yang sama ini memulai mengembangkan Flip pada 2015 untuk mentransfer dana satu sama lain dengan menawarkan biaya yang sangat rendah. 

Flip kemudian berkembang menjadi sebuah aplikasi keuangan lengkap untuk smartphone yang memungkinkan individu dan bisnis melakukan transfer uang dari bank ke bank lain tanpa biaya. 

Kesuksesan Filp dalam menggaet jutaan orang Indonesia, telah menarik dana dari Sequoia India dan Insignia Venture Partners Singapura.

Keuntungan dan cara kerja Flip, aplikasi transfer uang

Dikutip dari laman resminya, Flip adalah aplikasi transfer antar bank tanpa biaya, kirim uang ke luar negeri, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, serta fitur pengisian saldo e-Wallet. 

Flip bekerja sebagai transaksi keuangan antar bank. Cara kerja Flip, pengguna terlebih dahulu melakukan transfer ke rekening Flip yang sama dengan bank yang dimiliki pengguna. 

Kemudian Flip akan mentransfer ulang uang pengguna ke rekening tujuan melalui bank yang sama dengan rekening tujuan.

Perlu diingat Flip tidak mendapat akses ke rekening pengguna untuk melakukan debit otomatis dari rekening pengguna.  Sehingga, pengguna tetap perlu mentransfer uangnya terlebih dulu dengan cara transfer ke rekening Flip melalui ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking dari bank yang sama dengan bank yang dimiliki.

Namun, dikarenakan skema transfernya ke sesama bank maka pengguna tidak dibebani biaya transfer atau gratis. 

Meski aplikasi Flip ini tidak memberikan batasan frekuensi transfer setiap harinya. Tetapi, dalam sehari Flip menetapkan limit nominal transfer.

Flip telah menetapkan per hari limit nominal transfer antar bank gratis yang diberikan kepada setiap pengguna sebesar Rp 5 juta per hari. Jika melebihi limit, pengguna bisa mentransfer dengan fee admin Rp 2.500 per transaksi. Masih lebih murah daripada transfer antar bank yang dibebankan Rp 7.000 per transaksi.

Flip mendapat keuntungan dari layanan Flip+, Big Flip for Business, dan Flip Globe yang masing-masing mengenakan biaya transfer pada setiap transaksinya. 

Selain itu, Flip juga mendapatkan keuntungan dari penjualan beragam produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan pengisian e-Wallet.

Cara Transfer Menggunakan Flip Aplikasi

Agar dapat melakukan transfer antar bank bebas biaya admin melalui Flip, silakan simak langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Flip dan klik menu “Kirim Uang Gratis”.
  2. Selanjutnya, pilih “Tambah Tujuan Baru” jika.
  3. Pilih nama bank yang akan ditransfer dan masukkan nomor rekening tujuan.
  4. Masukkan nominal yang akan ditransfer, dan berita transfer jika memang diperlukan.
  5. Lanjutkan dengan memilih “Metode Transfer”.
  6. Setelah memilih metode transfer, pengguna dapat segera mentransfer ke rekening Flip.
  7. Pastikan untuk mentransfer sesuai dengan kode unik yang diberikan.
  8. Flip Apps akan menampilkan detail transaksi. Pengguna dapat mentransfer dana ke nomor rekening Flip yang tertera dengan nama penerima PT Fliptech Lentera IP.
  9. Apabila pengguna sudah melakukan transfer ke rekening Flip, klik “Saya Sudah Transfer”.
  10. Proses transfer ke rekening tujuan segera diproses secara realtime, tetapi ada waktu antre sekitar 20-30 menit. Tak perlu kuatir, pengguna bisa menutup aplikasi Flip saat menunggu transaksi diproses.
  11. Pengguna akan menerima notifikasi saat transaksi berhasil diproses.
  12. Flip juga akan mengirimkan bukti transfer ke akun Flip dan juga e-mail pengguna. Bukti transfer ini dapat kamu unduh atau dibagikan ke teman yang menerima.
  13. Pengguna juga dapat melihat histori transaksi yang dilakukan di Aplikasi Flip melalui menu “Catatan Transaksi”.
  14. Perlu diperhatikan bahwa transaksi yang dilakukan melalui aplikasi Flip memiliki nominal terendah Rp 10.000 dan maksimal Rp 20 juta. Tidak ada batasan maksimal jumlah transaksi per hari.

Mudah bukan transfer antar bank dengan cara menggunakan aplikasi Flip, aplikasi transfer antar bank bebas biaya admin.

Pertanyaan Terkait Aplikasi Flip

Apa itu Flip dan cara kerjanya?

Flip adalah aplikasi keuangan berbasis smartphone yang menjembatani transaksi antar bank. Kamu tinggal melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan akun bank milik kamu, kemudian Flip akan meneruskan uangmu ke rekening tujuan. 

Gimana menggunakan Flip?

Dikutip dari laman resminya, Flip adalah aplikasi transfer antar bank tanpa biaya, kirim uang ke luar negeri, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, serta fitur pengisian saldo e-Wallet. 
Cara menggunakan Flip, pengguna terlebih dahulu melakukan transfer ke rekening Flip yang sesuai dengan bank yang dimiliki pengguna.
Kemudian Flip akan segera mentransfer ulang uang tersebut ke rekening tujuan melalui bank yang sama dengan rekening tujuan.

Bagaimana langkah mendaftar Flip?

Kamu bisa mendownload lebih dulu aplikasi Flip melalui link ini. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut.
1.Buka aplikasi Flip kemudian pilih “Buat Akun”
2. Masukkan data-data yang akan didaftarkan: …
3. Masukan nomor HP yang aktif atau terdaftar di Whatsapp,
4. Setelah itu klik “Buat Akun Flip

Apakah aplikasi Flip aman digunakan?

Dari berbagai aplikasi pengiriman uang, Flip menjadi salah satu aplikasi transfer uang antar bank yang sudah diawasi BI, jadi kamu tidak perlu kuatir akan keamanannya.

Aplikasi Flip Punya Siapa?

Flip.id adalah pionir penyedia jasa transfer beda bank gratis. Didirikan oleh Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solihin pada tahun 2015. Ketiganya adalah mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Apakah saldo Flip bisa dicairkan?

Setiap kode unik saat kamu transfer ke Flip akan disimpan ke dalam saldo akunmu. Kamu dapat mencairkan refund kode unik tersebut melalui pada menu “tarik saldo” ke rekening kamu setelah saldo mencapai minimal Rp10.000. Kamu juga dapat menggunakan saldo kamu untuk membeli produk digital yang ditawarkan Flip, seperti pulsa dan paket data, serta listrik PLN.

Apakah Flip ada biaya admin?

Flip telah menetapkan per hari limit nominal transfer antar bank gratis yang diberikan kepada setiap pengguna sebesar Rp 5 juta per hari. Jika melebihi limit, pengguna bisa mentransfer dengan biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Kenapa Flip tidak diawasi OJK?

Karena tugas OJK untuk mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal, dan institusi keuangan yang lain. Sedangkan Flip sebagai perusahaanyang melayani transfer dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Flip gratis transfer ke bank apa saja?

Untuk saat ini, pengguna Flip hanya bisa memanfaatkan aplikasinya untuk menghindari biaya transfer dari dan ke bank BTPN, BTPN Wow, BRI, Mandiri, Mandiri Syariah, Muamalat, BCA, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, BNI, BNI Syariah, dan Jenius.

Darimana Flip mendapat keuntungan?

Flip mendapat keuntungan dari layanan premiumnya seperti Flip+, Big Flip for Business, dan Flip Globe yang masing-masing mengenakan biaya transfer pada setiap transaksinya. 
Selain itu, Flip juga mendapatkan keuntungan dari penjualan beragam produk digital mereka seperti pulsa, paket data, token listrik, dan pengisian e-Wallet.

Apakah Flip dapat uang?

Kamu bisa mendapatkan uang dari Flip dengan membagikan link referral kamu.
Selain itu, sebagaimana dilansir dari flip.id, cara dapat uang dari Flip adalah dengan menjadi agen pulsa. Kamu akan mendapatkan keuntungan rata-rata senilai Rp2.000 untuk setiap transaksi yang berhasil.

Bagaimana cara transfer Flip lewat ATM BNI?

Melalui mesin ATM BNI, pilih transfer ke Bank BNI lalu masukkan rekening BNI Flip setelah itu ketik sejumlah nominal sesuai detail yang telah diberikan aplikasi Flip.

Cara transfer ke rekening Flip lewat ATM?

Melalui mesin ATM, pilih transfer ke bank yang sama lalu masukkan rekening Flip yang sesuai dengan bank kamu, setelah itu ketik sejumlah nominal sesuai detail yang telah diberikan aplikasi Flip.

Cara transfer ke Flip dari BCA?

Melalui m-BCA:
1. Login ke m-BCA
2. Pilih menu m-Transfer
3. Dari tab “Daftar Transfer” pilih menu “Antar Rekening”
4. Pada kolom “Rekening 1” masukkan no rekening Flip, klik send
5. klik back
6. Pada tab “Transfer” pilih “Antar Rekening”
7. Klik menu “Ke Rekening”
8. Pada menu Daftar Transfer, pilih rekening AN: FLIPTECH LENTERA IP PT
9. Masukkan jumlah uang (sesuaikan dengan yang diminta aplikasi Flip)
10. Klik Send

Melalui klikBCA:
1. Login di klikBCA
2. Pilih menu Daftar Rek. Tujuan
3. Pilih menu Rek. BCA, klik kirim
4. Masukkan no rek tujuan, serta otentifikasi dari keyBCA lalu klik Lanjutkan
5. Setelah rekening Flip terdaftar di akun klikBCA kamu, kembali ke menu utama
6. Pilih Transfer Dana
7. Pilih menu Transfer Ke Rek. BCA
8. Tap menu Dari Daftar Transfer, dan pilih rekening AN: FLIPTECH LENTERA IP PT
9. Masukkan jumlah nominal transfer yang sebelumnya telah diinfokan oleh Flip
10. Masukkan otentifikasi dari keyBCA, klik “Lanjutkan”

Leave a Comment