Cara Download Suara Google Translate di HP untuk Nada dering WA Tanpa Aplikasi

Google Translate merupakan layanan gratis dari Google yang sangat berguna. Layanan ini juga mempunyai sebuah fitur keren seperti sound Google Translate, Google Translate voice atau translate suara ke suara yang bisa mengubah tulisan menjadi suara, dan sebaliknya suara ke tulisan.

Fitur merubah teks terjemahan ke suara biasa disebut sebagai sound of text, teks yang bisa diubah menjadi suara. Jadi tidak hanya sekedar menerjemahkan, tapi kamu juga bisa menggunakan untuk mendengarkan suara Google Translate Indonesia.

Di Google Translate, sebenarnya fitur Google Translate suara digunakan untuk membantu pengguna mengetahui cara pelafalan terjemahan bahasa. Tapi banyak para pengguna yang memakai audio Google Translate untuk tujuan lain. Misalnya membuat remix lagu, sebagai pengisi suara di video konten, pengganti voice actor. Bahkan banyak yang memakai alarm dan nada dering WA suara Google Translate.

Memanfaatkan Google Translate Audio

Mari kita jabarkan lebih dalam lagi mengenai kegunaan suara Google Translate. Mungkin kamu sudah tahu perihal ini, tapi ada juga yang belum tahu soal betapa menakjubkannya teknologi yang dimiliki suara Google Translate:

#1 Dubbing video

Dengan Google Voice Translate, kamu bisa menggunakan rekaman suara Google Translate menjadi pengganti suara voice actor. Banyak yang memanfaatkan suara audio Google untuk pengisi suara video YouTube, TikTok dan platform berbagi video lainnya.

#2 Suara Google Translate bisa dijadikan lagu

Pernah mendengar lagu yang dibuat oleh musisi Indonesia yang mengkolaborasikan remix-remix seru dengan suara Google Translate? Jika penasaran dan tertarik mendengarkan lagu seperti ini, kalian bisa mengunjungi channel YouTube HeiAkim.

Selain musisi asal Indonesia tersebut, banyak musisi negara-negara lain yang membuat lagu dari Google Translate. Mereka memposisikan Google Audio Translate sebagai vokal utama. Hasil lagu remixnya pun keren, tapi tentu saja sebelum memperoleh hasil sempurna, mereka melakukan tuning ekstra agar suara Google bisa dipadukan dengan instrumen-instrumen yang mereka buat.

#3 Nada dering WA

Google Translate mendukung banyak pilihan Bahasa. Membuat dan meng-audiokan teks hasil dari Google Translate Voice menjadi sebuah nada nada dering dengan pilihan bahasa yang beragam bisa menjadi salah satu ide membuat nada dering yang unik.

Cara Download Suara Google Translate di HP Tanpa Install Aplikasi

Untuk memanfaatkan Google Translate Audio tentu kamu harus menyimpannya lebih dulu di smartphone kamu.

Nah, untuk menyimpan Google Sound Translate bisa dengan cara mendownload suara Google translate di HP atau dengan cara merekam suara Google Translate tersebut melalui smartphone.

Cara Download Suara Google Translate Tanpa Install Aplikasi

Meski layanan terjemah dari Google ini memiliki fitur yang sangat menakjubkan, namun secara default tidak menyediakan fitur cara mengambil suara di Google Translate apalagi mengunduh pengisi suara Google Indonesia yang dihasilkan dalam format mp3.

Sehingga kita harus melakukan secara manual dengan cara merekam sound translate yang keluar melalui smartphone atau perangkat rekam yang lain. Karena pada dasarnya fungsi Google Translate untuk menerjemahkan, jadi jangan berharap pihak Google akan menyediakan fitur ‘Download’ tersebut.

Jadi, kita hanya bisa melakukan ‘cara sendiri’, dan berikut adalah salah satu cara mengambil suara di Google Translate tanpa aplikasi:

  1. Siapkan aplikasi Voice Recorder atau Screen Recorder. Aplikasi ini secara defaukt sudah tersedia di HP, baik yang menggunakan OS Android atau iOS, jadi anggap saja tutorial ini tanpa aplikasi
  2. Aktifkan perekam suara atau screen recorder
  3. Lalu buka situs Google Translate atau Aplikasi Terjemahan Google
  4. Ketikkan teks yang ingin kamu jadikan narasi suara
img 3894
Cara Download Suara Google Translate di HP untuk Nada dering WA Tanpa Aplikasi 4
  1. Kemudian tekan tombol ikon bergambar ‘Speaker
  2. Suara translate, akan otomatis tersimpan menjadi mp3 suara Google melalui aplikasi Voice Recorder atau Video Recorder
  3. Selesai

Jika pengisi suara Google yang dihasilkan tidaklah rapi, kalian butuh melakukan editing lagi. Potong-potong dan rubah tandabaca pada teks narasi yang kamu anggap tidak penting, susun sedemikian rupa, dan simpan.

Cara Lain Untuk Download Suara Google Translate Tanpa Aplikasi

Manfaatkanlah tool-tool Teks to Speech selain Google Translate. Ia bukan satu-satunya tool yang memiliki teknologi merubah teks menjadi suara. Masih banyak tool TTS berbasis web yang lain mulai dari yang gratis hingga berbayar. Diantaranya:

  • Soundoftext.com
  • Voiceoftext.com
  • Voicemaker.in
  • Vo.codes
  • Freetts.com
  • Botika.online
  • Tts.prosa.ai
img 3895
Cara Download Suara Google Translate di HP untuk Nada dering WA Tanpa Aplikasi 5

Tool-tool berbasis online tersebut menyediakan fitur yang sama dengan yang ditawarkan Google Translate speaker. Nilai plusnya, mereka juga menyediakan fitur ‘Download MP3’.

Jadi kita tidak perlu repot merekamnya secara manual. Selain itu, kita bisa menghasilkan suara-suara yang lebih beragam dan lebih natural, misalnya suara kartun, anime, tokoh terkenal, suara pria dan wanita yang mirip manusia, dan sebagainya. Hasilnya pun lebih alami, tidak kaku seperti suara robot.

Tapi mereka tetap memiliki kelemahan, yaitu harus berlangganan untuk menggunakan semua fiturnya. Sehingga kita tidak bisa membuat durasi audio yang panjang jika tidak berlangganan. Karena adanya pembatasan karakter teks yang dimasukkan.

Coba kamu manfaatkan salah satu layanan situs tersebut, dan rasakan kemudahan download suara Google Translate dalam format mp3 tanpa install aplikasi. Sekian dan selamat mencoba.

Leave a Comment